DATA COVID-19 INDONESIA

😷 Positif:

😊 Sembuh:

😭 Meninggal:

(Data: kawalcorona.com)

RPP │ RPP 1 LEMBAR PROPOSAL

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran
Nama Madrasah
Kelas/Semester
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Bahasa Indonesia
MA Mathla’ul Anwar
XI IPS/Genap
Teks Proposal
12 X 45 menit 

Kompetensi Dasar Pengetahuan
Kompetensi Dasar Keterampilan
3.12. Mengidentifikasi informasi penting yang ada dalam proposal kegiatan atau penelitian yang dibaca
4.12. Melengkapi bagian-bagian dan informasi penting proposal  secara lisan supaya lebih efektif
IPK Pengetahuan
IPK Keterampilan
3.12.1. Mengidentifiksi bagian-bagian penting proposal.
3.12.2. Mengidentifikasi informasi penting dalam proposal
4.12.1.     Mengidentifikasi isi proposal yang dibaca
4.12.2.     Menyajikan isi proposal yang dibaca
Kompetensi Dasar Pengetahuan
Kompetensi Dasar Keterampilan
3.13. Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal
4.13. Merancang sebuah proposal karya ilmiah dengan memerhatikan informasi, tujuan, dan esensi karya ilmiah yang diperlukan
IPK Pengetahuan
IPK Keterampilan
3.13.1. Mengidentifikasi isi, sistematika, dan kebahasaan proposal.
4.13.1.     Menyusun proposal berdasarkan aspek-aspek penting proposal

PERTEMUAN 1

A.      Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann saintifik, dan CLIL dengan model pembelajaran discovery learning peserta didik dapat menentukan bagian-bagian dan informasi penting dalam proposal dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran. (PPK)

B.      Langkah-Langkah Pembelajaran (Discovery Learning

LITERASI
1.         Peserta didik membaca teks proposal dan mencari bagian-bagian serta informasi  pada teks proposal.
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
2.         Peserta didik merumuskan permasalahan berkaitan dengan kelengkapan bagian dan infromasi pada teks proposal.
COLLABORATION (KERJASAMA)
3.       Peserta didik dengan difasilitasi dan dibimbing pendidik bekerja sama dalam kelompok secara kritis menganalisis bagian-bagian dan informasi pada teks proposal. 
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
4.       Peserta didik bekerja sama dalam kelompok mengembangkan hasil menganalisis bagian-bagian dan informasi pada teks proposal. Selanjutnya, peserta didik menyajikannya dalam  bentuk presentasi dan mengumpulkan hasil kerja dalam bentuk buku kerja.  
CREATIVITY (KREATIVITAS)
5.       Peserta melakukan evaluasi dan refleksi terhadap kegiatan menganalisis bagian-bagian dan informasi pada  teks proposal yang telah mereka lakukan.

C.      Penilaian

1.  Sikap: Observasi saat pembelajaran tentang sikap kritis, kerja sama dan komunikatif.
2.  Pengetahuan: Tes tulis bentuk uraian tentang menentukan bagian-bagian dan informasi pada teks      proposal.
3.  Keterampilan: Produk hasil menentukan bagian-bagian dan inforomasi pada teks proposal.                                
                                                                                                                                     
                                                                                                             Pontianak,    Januari 2020
Mengetahui
Kepala Madrasah                                                                    Guru Mata Pelajaran 


Azhar, S. Sos. I.                                                                      Ariyanto, S. Pd.
             NIP -                                                                                        NIP 197404122000031001          

Posting Komentar

0 Komentar