RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran | Nama Madrasah | Kelas/Semester | Materi Pokok | Alokasi Waktu |
Bahasa Indonesia | MA Mathla’ul Anwar | XI IPS/Genap | Teks Proposal | 12 X 45 menit |
Kompetensi Dasar Pengetahuan | Kompetensi Dasar Keterampilan |
3.12. Mengidentifikasi informasi penting yang ada dalam proposal kegiatan atau penelitian yang dibaca | 4.12. Melengkapi bagian-bagian dan informasi penting proposal secara lisan supaya lebih efektif |
IPK Pengetahuan | IPK Keterampilan |
3.12.1. Mengidentifiksi bagian-bagian penting proposal. 3.12.2. Mengidentifikasi informasi penting dalam proposal | 4.12.1. Mengidentifikasi isi proposal yang dibaca 4.12.2. Menyajikan isi proposal yang dibaca |
Kompetensi Dasar Pengetahuan | Kompetensi Dasar Keterampilan |
3.13. Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal | 4.13. Merancang sebuah proposal karya ilmiah dengan memerhatikan informasi, tujuan, dan esensi karya ilmiah yang diperlukan |
IPK Pengetahuan | IPK Keterampilan |
3.13.1. Mengidentifikasi isi, sistematika, dan kebahasaan proposal. | 4.13.1. Menyusun proposal berdasarkan aspek-aspek penting proposal |
PERTEMUAN 1
A. Tujuan PembelajaranMelalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann saintifik, dan CLIL dengan model pembelajaran discovery learning peserta didik dapat menentukan bagian-bagian dan informasi penting dalam proposal dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif selama proses pembelajaran. (PPK) | |
B. Langkah-Langkah Pembelajaran (Discovery Learning) | |
LITERASI | 1. Peserta didik membaca teks proposal dan mencari bagian-bagian serta informasi pada teks proposal. |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) | 2. Peserta didik merumuskan permasalahan berkaitan dengan kelengkapan bagian dan infromasi pada teks proposal. |
COLLABORATION (KERJASAMA) | 3. Peserta didik dengan difasilitasi dan dibimbing pendidik bekerja sama dalam kelompok secara kritis menganalisis bagian-bagian dan informasi pada teks proposal. |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) | 4. Peserta didik bekerja sama dalam kelompok mengembangkan hasil menganalisis bagian-bagian dan informasi pada teks proposal. Selanjutnya, peserta didik menyajikannya dalam bentuk presentasi dan mengumpulkan hasil kerja dalam bentuk buku kerja. |
CREATIVITY (KREATIVITAS) | 5. Peserta melakukan evaluasi dan refleksi terhadap kegiatan menganalisis bagian-bagian dan informasi pada teks proposal yang telah mereka lakukan. |
C. Penilaian1. Sikap: Observasi saat pembelajaran tentang sikap kritis, kerja sama dan komunikatif. 2. Pengetahuan: Tes tulis bentuk uraian tentang menentukan bagian-bagian dan informasi pada teks proposal. 3. Keterampilan: Produk hasil menentukan bagian-bagian dan inforomasi pada teks proposal. |
Pontianak, Januari 2020
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Azhar, S. Sos. I. Ariyanto, S. Pd.
NIP - NIP 197404122000031001
0 Komentar