DATA COVID-19 INDONESIA

😷 Positif:

😊 Sembuh:

😭 Meninggal:

(Data: kawalcorona.com)

RPP │ RPP 1 LEMBAR


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran
Nama Madrasah
Kelas/Semester
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Bahasa Indonesia
MA Mathla’ul Anwar
XI IPS/Genap
Teks Karya Ilmiah
4 X 45 menit 

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.14 Mengidentifikasi informasi, tujuan, dan esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca
3.14.1 menemukan informasi teks karya ilmiah yang dibaca
3.14.2 menemukan tujuan teks karya ilmiah yang dibaca
3.14.3 menemukan esensi teks karya ilmiah yang dibaca
4.14  Merancang informasi, tujuan, dan esensi yang harus disajikan dalam karya ilmiah
4.14.1 merancang informasi yang harus disajikan dalam teks karya ilmiah
4.14.2 merancang tujuan yang harus disajikan dalam teks karya ilmiah
4.14.3 merancang esensi yang harus disajikan dalam teks karya ilmiah.       

A. Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran problem based learning,  peserta didik dapat mengidentifikasi dan merancang informasi, tujuan, dan esensi dalam karya ilmiah dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan komunikatif selama proses pembelajaran.

B. Langkah-Langkah Pembelajaran (model problem based learning) 

1.    Peserta didik menyimak tujuan pembelajaran.
2.    Peserta didik membaca contoh teks karya ilmiah, menggali informasi, dan memberikan tanggapan terhadap teks yang dibaca. 
3.    Peserta didik membentuk kelompok belajar sesuai arahan pendidik dengan mempertimbangkan kemampuan akademik dan gender.  
4.    Peserta didik dengan difasilitasi dan dibimbing guru menelaah dan mendiskusikan teks karya ilmiah untuk menemukan dan merancang informasi, tujuan, dan esensi pada teks karya ilmiah .   
5.    Peserta didik menjawab permasalahan yang telah diidentifikasi, menyajikan laporan pembahasan hasil temuan dan penarikan kesimpulan di depan kelas. . 
6.    Peserta didik dalam kelompok lain menilai atau menanggapi hasil kerja kelompok lain. 
7.    Peserta didik menarik kesimpulan.
8.    Pendidik melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah dipelajari.

C. Penilaian

1.  Sikap: Observasi saat pembelajaran tentang rasa ingin tahu, tanggung jawab, komunikatif.
2.  Pengetahuan: Tes tertulis bentuk uraian tentang mengidentifikasi informasi, tujuan, dan esensi      dalam teks karya ilmiah.
3.  Keterampilan: Produk hasil merancang informasi, tujuan, dan esensi yang akan disajikan     dalam teks karya ilmiah.
                                                                                                                   Pontianak,     Februari 2020
Mengetahui
Kepala Madrasah                                                                                       Guru Mata Pelajaran 


Azhar, S. Sos. I.                                                                                         Ariyanto, S. Pd.
 NIP -                                                                                                          NIP 197404122000031001         

Posting Komentar

0 Komentar